-->

Breaking

logo

August 11, 2020

27 Tahun Mendekam di Penjara, Pria Ini Ternyata Tak Bersalah

27 Tahun Mendekam di Penjara, Pria Ini Ternyata Tak Bersalah

NUSAWARTA - Nasib sial menimpa pria asal China bernama Zhang Yuhuan. Pria yang telah menjalani hukuman penjara selama 27 tahun ini akhirnya dibebaskan setelah diputuskan tidak bersalah oleh pengadilan setempat.

Kasus yang terjadi di China Timur ini pun menjadi sorotan banyak media, baik lokal maupun asing.

Pengadilan di wilayah China Timur membebaskan Zhang lantaran merasa tidak memiliki bukti yang cukup untuk menjeratnya.

“Setelah memeriksa bukti yang kami peroleh, ternyata tidak cukup untuk menjerat Zhang. Jadi, kami menyatakan bahwa Zhang tidak bersalah,” kata Pengadilan Tinggi Jiangxi seperti dilansir dari Borak Daily pada Selasa, 11 Agustus 2020.

Zhang Yuhuan dibebaskan oleh pengadilan tinggi Jiangxi pada 4 Agustus 2020 lalu. Diketahui, awalnya Zhang terjerat kasus atas pembunuhan dua bocah laki-laki pada tahun 1993 silam.

Zhang bisa dikatakan menjadi napi dengan hukuman penjara terlama di China. Ia, pada awalnya dijatuhi hukuman mati pada tahun 1995 silam, namun setelah dua tahun menunggu di penjara, akhirnya hukuman diubah menjadi hukuman seumur hidup.

Zhang yang berusia 52 tahun itu berusaha melakukan beberapa kali upaya banding. Hingga pada akhirnya, pada Maret tahun lalu pengadilan setuju untuk meninjau kasus tersebut.

Seiring berjalannya proses, pengadilan menyimpulkan bahwa seluruh barang bukti yang ada pada tempat kejadian perkara tak cukup untuk membuktikan bahwa Zhang bersalah. Lantas, ia pun dinyatakan bebas dari penjara.

Minta Ganti Rugi

Setelah membebaskan Zhang, pengadilan pun akhirnya meminta maaf atas kesalahan yang telah terjadi.

Sementara itu, pengacara Zhang, Wang Fei, diketahui tetap menjalankan proses hukum untuk meminta ganti rugi. Pasalnya, Zhang telah menjalani hukuman penjara selama 27 tahun dan ternyata tak bersalah.

“Kami juga bermaksud meminta mereka yang bertanggung jawab atas kesalahan ini diadili,” kata Wang Fei.

“Saya akan menegosiasikan jumlah kompensasi yang tepat dengan klien saya,” sambungnya dikutip dari China Daily.

Sekembalinya dari penjara yang telah ia huni selama 27 tahun, Zhang pun langsung menghabiskan banyak waktunya bersama keluarga yang sudah lama menunggu dirinya. [hps]