-->

Breaking

logo

August 13, 2020

5 Fakta Menarik Sejarah HUT RI 17 Agustus

5 Fakta Menarik Sejarah HUT RI 17 Agustus

NUSAWARTA - 17 Agustus 1945 adalah hari bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebab, di hari tersebut, Indonesia berhasil mencetak sejarah HUT RI 17 Agustus.

Pada tanggal tersebut, Indonesia resmi menyatakan kemerdekaan Republik Indonesia. Anda pasti sudah banyak mendengar dan mengetahui tentang sejarah Indonesia. 

Namun, tahukah Anda bahwa kemerdekaan Indonesia juga menyimpan segudang fakta menarik lainnya? 

Berikut ini lima fakta menarik mengenai sejarah Indonesia yang patut Anda simak

1. Ir. Soekarno sakit saat membacakan teks proklamasi
Teks proklamasi dibacakan oleh Ir.Soekarno di halaman depan rumahnya yang beralamat di Jl. Pegangsaan Timur no. 56, Cikini - Jakarta Pusat. Diketahui, saat membacakan teks proklamasi, Soekarno dalam kondisi sakit malaria. Bahkan dua jam sebelum proklamasi dibacakan, Soekarno masih terlelap di dalam rumahnya. Sekitar pukul 10.00 WIB dengan semangat juang, pria yang akrab disapa Bung Karno ini menyatakan kemerdekaan Indonesia dengan suara lantang.

2. Kain bendera merah putih didapatkan dari perwira Jepang
Bendera sakral yakni sang saka merah putih, diketahui dijahit langsung oleh istri Soekarno yakni Fatmawati. Namun, banyak orang tidak mengetahui bahwa kain yang digunakan untuk membuat bendera merah putih itu merupakan pemberian dari seorang perwira Jepang di Kantor Jawa Hokokai. Kemudian Fatmawati menjahit kain tersebut.

3. Teks proklamasi asli ditemukan di tempat sampah
Naskah asli teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Soekarno ditemukan di tempat sampah di rumah Laksamana Muda Maeda. Beruntung, putra asal Aceh, BM Diah, menemukan naskah teks proklamasi tersebut dan kini teks itu tersimpan utuh dan aman di Museum Arsip Nasional.

4. Pembacaan proklamasi dilakukan saat bulan suci Ramadan
Bulan suci Ramadan di tahun 1945 merupakan bulan yang tak akan terlupakan oleh masyarakat Indonesia. Sebab, pembacaan proklamasi bertepatan dengan 9 Ramadan 1334 H dan menjadi momen paling diingat dalam sejarah bangsa Indonesia.

5. Teks naskah proklamasi disusun di rumah perwira Jepang
Rumah Laksamana Maeda yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol no.1 Menteng menjadi saksi penyusunan teks proklamasi yang dibacakan oleh Soekarno di hari kemerdekaan Indonesia. Usai disusun dengan apik, teks tersebut ditandatangani oleh Bung Hatta atas nama Indonesia.

Itulah lima fakta menarik tentang sejarah HUT RI 17 Agustus.