-->

Breaking

logo

August 17, 2020

5 Ilmuwan Indonesia yang Karyanya Diakui oleh Dunia, Bikin Bangga!

NUSAWARTA - Tidak hanya dikenal sebagai negara dengan memiliki destinasi wisata dan kaya budaya, Indonesia rupanya juga negara yang menghasilkan banyak ilmuwan lho. Bahkan, beberapa di antara ilmuwan asal Indonesia karyanya berhasil diakui dunia.

Siapa saja putra bangsa yang mengharumkan negara dengan karyanya yang berguna bagi dunia?

Berikut beberapa ilmuwan asal Indonesia yang karyanya

1. B.J habibie
Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang akrab disapa b.j habibie merupakan salah satu ilmuwan asal Tanah Air yang karyanya diakui dunia internasional. Ia dikenal sebagai pencetus teori Crack Progression Theory, yang menjelaskan tentang titik awal retakan pada sayap dan badan pesawat.

Teori yang dicetuskan Habibie mampu menghitung sangat detail letak dan besaran retakan pada konstruksi pesawat, hingga tingkat atom. Dari karyanya tersebut, Habibie kemudian dijuluki sebagai 'Mr Crack' dalam dunia penerbangan.

2. Dr. Eng Khoirul Anwar
Namanya mungkin tidak sepopuler b.j habibie, namun karyanya di bidang teknologi tidak kalah mendunia. Khoirul Anwar awalnya dikabarkan sebagai ilmuwan asal Indonesia yang berhasil menemukan teknologi 4G LTE. Namun kemudian ia meluruskan, jika ia merupakan penemu konsep dua FFT.

Meski demikian, Khoirul tidak memungkiri jika teknologi 4G LTE yang kini digunakan di hampir seluruh dunia, berawal dari konsep dua FFT karyanya.

3. Dr. Warsito Purwo Taruno
Selanjutnya ada nama Dr. Warsito Purwo Taruno, seorang ilmuwan asal Indonesia yang mengembangkan Center for Tomography Research Laboratory (CTECH Labs) Edwar Technology. CTECH Labs sendiri merupakan pusat riset dan produksi sistem tomografi 4D pertama yang ada di dunia.

Tidak hanya itu, sosok Warsito juga disebut sebagai pencetus teknologi Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT).

4. Dr Joe Hin Tjio
Sebelum Dr Joe Hin Tjio melakukan risetnya, kromosom pada manusia belum ditentukan jumlah pastinya. Namun berkat penelitian ilmuwan asal Pekalongan ini, ia berhasil menemukan fakta jika kromosom manusia adalah 46 buah alias 23 pasang.

5. Prof Dr Mezak Arnold Ratag
Profesor Mezak merupakan ilmuwan asal Indonesia yang berhasil menemukan lebih dari 100 buah nebula planeter di tata surya. Bahkan, atas penemuan-penemuannya di bidang astronomi, namanya diabadikan di 120 Planetary Nebula Cluster.

Itu dia beberapa ilmuwan Indonesia yang karyanya berhasil diakui dunia. Siap jadi ilmuwan selanjutnya? [akrt]