-->

Breaking

logo

August 8, 2020

7 Quotes Hari Kemerdekaan RI Ir. Soekarno yang Paling Terkenal

7 Quotes Hari Kemerdekaan RI Ir. Soekarno yang Paling Terkenal

NUSAWARTA - Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan RI setiap 17 Agustus. Tak sedikit orang yang mengunggah momen 17 Agustus di media sosial beserta ucapan selamat dan pengingat untuk mengenang perjuangan pahlawan Indonesia. 

Karenanya, quotes Hari Kemerdekaan Indonesia penting disiapkan dalam menyambut HUT ke-75 RI.
Quotes tak hanya digunakan untuk menarik pengguna sosial media lainnya dengan saling berbalas komentar. 

Namun, quotes juga berfungsi sebagai pengingat bahwa di hari tersebut Anda merayakan momen spesial HUT ke-75 RI sekaligus ikut menyemarakan semangat kemerdekaan.

Salah satu quotes yang paling sering digunakan ialah kalimat-kalimat pembakar api perjuangan pahlawan Indonesia yang dilontarkan oleh presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

Berikut kumpulan quotes dari Ir. Soekarno yang bisa dijadikan rekomendasi quotes pada foto Anda saat mengunggahnya di sosial media:

1. “Apabila dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”- Ir. Soekarno.

2. “Nasionalis yang sedjati, jang nasionalismenya itu bukan timbul semata-mata suatu copie atau tiruan dari nasionalisme barat akan tetapi timbul dari rasa tjinta akan manusia dan kemanusiaan”- Ir. Soekarno dalam kutipan buku 'Di Bawah Bendera Revolusi: Jilid '.

3. “Nasionalisme itu jalah suatu itikad; suatu keinsyafan rakjat bahwa rakjat itu ada satu golongan, satu 'bangsa'!"- Ir. Soekarno dalam kutipan buku 'Di Bawah Bendera Revolusi: Jilid '.

4. "Negara Republik Indonesia ini bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!”- Ir. Soekarno

5. "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri."- Ir. Soekarno

6. "Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bistik tapi budak."- Ir. Soekarno

7. "Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad ‘Merdeka, merdeka atau mati'!"- Ir. Soekarno

Itulah tujuh quotes Hari Kemerdekaan Indonesia yang bisa Anda gunakan sebagai pengingat sekaligus penyemangat perjuangan para pahlawan yang gugur di medan peran.

Kira-kira, quotes manakah yang Anda pilih?