-->

Breaking

logo

August 19, 2020

Ada “Republik Melanesia” di Jayapura, Apa Itu?

Ada “Republik Melanesia” di Jayapura, Apa Itu?

NUSAWARTA - Diduga akan mendirikan organisasi sparatis yang ideologinya bertentangan dengan NKRI, 12 orang diamankan Polresta Jayapura Kota. 

"Ada kegiatan illegal yang berhasil kami gagalkan, 12 orang sudah diamankan, dan mereka mengaku sebagai kelompok Republik Melanesia. Kami masih mendalami, untuk mencari tau apa maksud dan tujuannya. Yang jelas sejumlah barang bukti sudah kami amankan, yang nantinya akan digunakan sebagai alat bukti pada pemeriksaan ke 12 oknum warga tersebut," kata Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav Urbinas, Rabu (19/08/2020).

Gustav mengatakan, belasan orang tersebut diamankan ketika akan melakukan pertemuan dalam rangka pelantikan pengurus di sekitar jalan Asrama Haji, Kotaraja, Abepura.

Gustav menyebut, hingga saat ini pihaknya masih belum mengetahui tujuan utama pembentukan organisasi Republik Melanesia.

Sepintas dari nama yang di gunakan serta dari barang bukti yang ada, kuat dugaan organisasi tersebut akan melakukan tindakan pelanggaran hukum dan undang undang.

"Masih kami dalami sejauh mana eksistensi organisasi ini, yang jelas dari namanya saja ini sudah menjurus pada sebuah upaya yang berpotensi menimbulkan keresahan di tengah masyarakat, dan juga berpotensi menimbulkan pelanggaran hukum," tegas Gustav. [*]