-->

Breaking

logo

August 26, 2020

Ahok di Pertamina: Misi Selamatkan Uang, Tanam Orang KPK Sampai Siap Ladeni Politik

Ahok di Pertamina: Misi Selamatkan Uang, Tanam Orang KPK Sampai Siap Ladeni Politik

NUSAWARTA - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sedang menjadi perhatian menyusul Pertamina yang merugi Rp11 triliun pada semester pertama. Publik pun menggugat kenapa bisa kehadiran Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina itu tak memberikan perubahan bagi Pertamina. Padahal Ahok di Pertamina libatkan KPK.

Nah bicara kinerja Ahok sebagai pengawas dewan direksi BUMN minyak dan gas, awal Agustus lalu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan bagaimana jajaran komisaris berupaya membangun arah baru Pertamina.

Nah apa saja sih yang dilakukan Ahok dalam membangun arah baru Pertamina?

Ahok Pertamina KPK

Dalam tayangan di saluran Youtube Pertamina, Ahok menuturkan komisaris berkomitmen memberikan transparansi di tubuh Pertamina.

Sebagai bentuk komitmen tersebut, komisaris menanam orang KPK di Sekretaris Dewan Komisaris.

“Jadi sekarang Pertamina sudah MoU dengan KPK. Kita malah taruh orang KPK di Sesdekom,” ujarnya dalam tayangan Youtube 3 Agustus lalu.

Selain itu, pria kelahiran Belitung menuturkan, Komisaris Pertamina kala itu sedang mengupayakan melibatkan orang dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Dengan adanya unsur KPK dan PPATK, Ahok yakin siapa yang bermain-main dengan uang dan kebijakan di Pertamina bakal mudah diusut.

“Jadi sekali lagi siapa pun yang korupsi di Pertamina, hati-hati Anda nikmati. Kami akan lacak Anda melalui PPATK,” ujarnya.

Tak Ada Rahasia

Dengan adanya unsur KPK dan PPATK itu, Ahok menuturkan, tak ada rahasia di BUMN tersebut. Semua terbuka, data apapun yang dibutuhkan untuk penegakan hukum akan mudah didapatkan.

“KPK setiap saat bisa minta data apa saja dengan kita,” katanya.

Selamatkan Uang Pertamina

Dalam wawancara saluran Youtube itu, Ahok mengungkapkan rencana Pertamina untuk mengeksekusi sub holding perusahaan. Dia menegaskan sub holding adalah cerita lama dan bakal dilakukan.

Baca juga: Sidang, hakim dan jaksa ngakak dengar jawaban Rangga Sunda Empire

Selain itu, komisaris Pertamina meminta dewan direksi untuk menjalankan penghematan di hulu minimal 20 persen. Upaya ini dilakukan dengan melibatkan auditor.

Soal langkah pengiritan duit Pertamina itu, Ahok blak-blakan merupakan tugasnya untuk menyelamatkan duit Pertamina.

“Saya ditaruh di sini kan untuk menyelamatkan uang Pertamina. Saya digaji untuk menyelamatkan uang Pertamina,” ujarnya.

Ahok mengatakan bisa saja dalam menjalankan transparansi dan arah baru Pertamina ini akan menemui sejumlah intrik politik. Bagi Ahok, nggak masalah sebab dia merupakan orang politik. Dia siap saja meladeni.

“Ya sudah saya akan upayakan. Walaupun kalau bisa main politik macam-macam, saya kan orang politik. Mau main politik sama, saya sudah biasa,” kata dia. [hps]