-->

Breaking

logo

August 11, 2020

Alasan Pemkab Serang Tempel Stiker Bupati ke Penerima Bansos COVID-19

Alasan Pemkab Serang Tempel Stiker Bupati ke Penerima Bansos COVID-19

NUSAWARTA - Pemkab Serang memasang stiker ke rumah penerima berbagai bantuan, termasuk bantuan sosial (bansos) COVID-19. 

Stiker bergambar pasangan Bupati Tatu Chasanah dan Wakil Bupati Pandji Tirtayasa itu dilarang dirobek, dilepas dan dirusak.

Sekretasis Dinsos Kabupaten Serang Sri Rahayu Basukiwati menjelaskan stiker diberikan ke penerima bansos dampak COVID-19, Program Keluarga Harapan (PKH) dan stiker untuk penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Semua desain stiker sama namun ada pembeda di tulisan penerima program.

"Ada macam program ada PKH itu dikasih stiker karena untuk nandai supaya tidak tumpang tindih. Dia mendapatkan PKH tidak boleh bantuan yang lain, terus bantuan BPNT, terus BST, terus provinsi, itu semua ada stikernya dan bantuan sembako Pemda kabupaten Serang, semua tulisannya sama tapi beda di atasnya," kata Sri saat dikonfirmasi, Selasa (11/8/2020).

Khusus bansos dampak COVID-19, ada 42.224 kepala keluarga yang menerima bantuan berupa mi instan satu dus dan beras 29 kilogram. 

Bantuan diberikan tiga kali yang harusnya dari Juli sampai September.

Stiker ditempel di rumah masing-masing agar tidak ada tumpang tindih bantuan. 

Fungsi lain menandai bahwa saat stiker ditempel di rumah, maka warga tersebut sudah menerima bantuan. Misalkan bansos, BPNT, bantuan COVID-19 dan lain-lain.

Stiker juga tidak ditempel ke sembako saat bantuan diterima. Stiker khusus ditempel di rumah oleh petugas.

"Itu nempelnya ada di rumah masing-masing, Itu sangat salah (jika ditempel di sembako), kita serahkan melalui TKSK (tenaga kerja sosial kecamatan) memang harus (ditempel) di rumah. Fungsinya untuk menandai dia sudah mendapat bantuan, jadi tidak perlu didata lagi," tutur Sri.

Sekadar diketahui, Bupati Serang Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa akan maju kembali sebagai calon kepala daerah di Pilkada Kabupaten Serang. 

Sejauh ini, keduanya bakal kembali berpasangan sebagai petahana. [dtk]