-->

Breaking

logo

August 22, 2020

Amien Rais Curigai Pernikahan Mewah Anak Jokowi, Sebut Ada yang Tak Beres

Amien Rais Curigai Pernikahan Mewah Anak Jokowi, Sebut Ada yang Tak Beres

NUSAWARTA - Sejak sebulan terakhir, Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais aktif menyuarakan pendapatnya di saluran Youtube resminya. 

Terbaru, Amien mencurigai pesta pernikahan anak Jokowi, Kahiyang Ayu dengan pasangannya, Bobby Nasution yang terlalu mewah dan terkesan berlebihan.

Dikutip dari video berjudul ‘Nepotisme Tanpa Etika’, Sabtu 22 Agustus 2020, Amien mengatakan, sebagai sosok yang dikenal merakyat, Jokowi terlalu jor-joran menggelar pesta pernikahan anaknya. Selain itu, orang nomor satu di Indonesia tersebut sudah melanggar aturan mengenai pembatasan tamu undangan.

 “Ketika mengadakan pesta perkawinan anak perempuannya dengan pemuda Medan, diselenggarakan pesta perkawinan tiga hari tiga malam. Aturan Menpan dan Reformasi Birokrasi yang berisi larangan menggelar resepsi secara mewah dan yang diundang tak boleh melampaui 400 orang dilangar dengan tenang,” ujar Amien.

“Karena aturan itu nampak tidak berlaku bagi Presiden Jokowi,” tambahnya.

Lebih jauh, Amien juga menggambarkan seberapa mewah pernikahan Kahiyang-Bobby dengan menyebut sejumlah perlengkapan serta ornamen di acara tersebut. 

Dia kembali menekankan soal kehadiran tamu. Sebab, dari 400 orang yang diperbolehkan, Jokowi justru mengundang 8 ribu hadirin yang berasal dari berbagai kalangan.

“Tujuh kereta kencana, 14 kuda poni, 23 kusir, dan kru didatangkan dari Keraton Solo. Tamu yang diundang 8 ribu orang—20 kali lebih banyak dari yang diperbolehkan pemerintahnya sendiri,” terang Amien.

Itulah sebabnya, Amien mencium ada yang tidak beres dari pagelaran acara tersebut. Bahkan, dia menduga, Jokowi mendapat sokongan dana dari pengusaha melalui ‘pintu belakang’ alias tanpa sepengetahuan pihak KPK.

“Pesta mewah yang pasti menghabiskan uang miliaran dan sumbangan dari pengusaha dengan cara yang tidak terdeteksi oleh KPK merupakan teladan yang sungguh buruk dari Jokowi. Dia lupa asal-usul saya kira,” tegasnya.

Amien Soroti Acara Kirab Presiden

Bukan hanya pernikahan anak Jokowi, Amien juga turut menyoroti acara kirab presiden yang terlalu mewah dan berlebihan. Pada pesta yang digelar Oktober 2014 lalu, Jokowi menaiki kereta kencana dari bundaran HI menuju Istana Negara. Bagi Amien, pemandangan tersebut sejatinya tak pantas.

“Ribuan pendukungnya mengelu-elukan dia sepanjang jalan, kereta kencana tentu berbau sok keratin dan sok kerajaan. Mungkin Pak Jokowi lupa bahwa seluruh rakyat Indonesia sesungguhnya mengamati dan memperhatikan kehidupan presidennya,” kata dia. [hps]