-->

Breaking

logo

August 20, 2020

Amien Rais Siap Gabung KAMI, PDIP Singgung Majelis Amanat Rakyat

Amien Rais Siap Gabung KAMI, PDIP Singgung Majelis Amanat Rakyat

NUSAWARTA - Politikus senior Amien Rais mendukung dan siap bergabung dengan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI). PDIP pun tak masalah dengan dukungan Amien Rais terhadap KAMI itu.

"Tak ada masalah. Orang-orang dengan pandangan yang sama cenderung berkumpul dalam komunitas dengan aspirasi yang sejalan," kata Politikus PDIP, Hendrawan Supratikno kepada wartawan, Kamis (20/8/2020).

Kendati demikian, menurut Hendrawan, merapatnya Amien Rais ke KAMI itu menimbulkan imajinasi dari masyarakat. 

Bahwasanya, gerakan KAMI merupakan embrio dari partai baru yang direncanakan Amien Rais.

"Mungkin teman-teman yang iseng bisa berimajinasi, jangan-jangan ini sejalan dengan rencana Pak MAR (Muhammad Amien Rais) mendirikan partai baru yang santer diberitakan," tuturnya.

Hendrawan pun menyinggung soal Majelis Amanat Rakyat (MARA) yang merupakan cikal bakal dari Partai Amanat Nasional (PAN). 

Menurut dia, bisa saja KAMI juga menjadi cikal bakal partai lainnya.

"Bila imajinasi tersebut betul, berarti KAMI mirip dengan Majelis Amanat Rakyat (MAR) yang dulu muncul pada awal Era Reformasi dan menjadi cikal bakal PAN yang ada saat ini," kata Hendrawan.

"Rute umumnya biasanya dari embrio Gerakan Moral, terus menjadi Ormas, dan terus Parpol," sambung dia.

Sebelumnya, Amien Rais diketahui hadir dalam deklarasi KAMI. Tak hanya mendukung, Amien Rais bahkan disebut siap bergabung dalam koalisi besutan Din Syamsuddin itu.

"Saling dukung dan bahu membahu. Mungkin pada satu titik akan bergabung karena punya ide yang sama," ujar loyalis Amien Rais, Agung Mozin kepada detikcom, Kamis (20/8/2020).

Deklarasi KAMI digelar di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/8). Sejumlah tokoh yang hadir di antaranya Gatot Nurmantyo, Refly Harun, Said Didu, Rocky Gerung, Ichsanuddin Noorsy, Ahmad Yani, dan Titiek Soeharto. [dtk]