-->

Breaking

logo

August 26, 2020

Apa Benar Umat Manusia di Bumi Pernah Musnah Akibat Ledakan Bintang?

Apa Benar Umat Manusia di Bumi Pernah Musnah Akibat Ledakan Bintang?

NUSAWARTA - Meski tidak tahu kebenarannya secara jelas, namun para ahli menduga kehidupan manusia di bumi pernah musnah akibat ledakan bintang atau supernova.

Hal ini diungkapkan oleh para peneliti dari Universitas Illinois yang meneliti bebatuan dari 359 juta tahun lalu.

Dalam penelitian tersebut meneliti tentang fosil batuan jenis spora tanaman.

Sehingga mereka beranggapan spora itu berhamburan akibat terbakar oleh radiasi sinar ultraviolet yang sangat tinggi.

Mereka menduga hal ini terjadi akibat peristiwa astronomi berupa ledakan bintang. Ledakan itu menjadi penyebab kepunahan massal kehidupan di Bumi di perbatasan era Devonian dan Carboniferous.

“Sebaliknya, kami mengusulkan bahwa satu atau lebih ledakan supernova, sekitar 65 tahun cahaya dari Bumi, mungkin bertanggung jawab atas hilangnya ozon yang berkepanjangan,” ujar Fields.

Seperti dilansir dari laman Science Daily, pakar astronomi dan fisika Universitas Illinois, Brian Fields membenarkan peristiwa vulkanisme skala besar dan pemanasan global juga dapat menghancurkan lapisan ozon.

Namun, fenomena itu tidak pernah tercatat menyebabkan kepunahan massal.

Tim mengeksplorasi penyebab astrofisika lain untuk penipisan ozon, seperti dampak meteorit, letusan matahari, dan semburan sinar gamma.

Namun peristiwa itu berakhir dengan cepat dan tidak mungkin menyebabkan penipisan ozon yang berlangsung lama yang terjadi pada akhir periode Devonian.