-->

Breaking

logo

August 11, 2020

Besan Najib Razak, Ini Sosok Orang Dekat Setya Novanto yang Bantu Djoko Tjandra, Asal Tanah Abang

Besan Najib Razak, Ini Sosok Orang Dekat Setya Novanto yang Bantu Djoko Tjandra, Asal Tanah Abang

NUSAWARTA - Kasus Djoko Tjandra rupanya tak hanya menyeret elit penegak hukum Indonesia.

Pasalnya, nama mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak ternyata ikut terlibat di balik aksi kucing-kucingan sang koruptor kelas kakap, Djoko Tjandra.

Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) memberikan masukan sebanyak empat orang untuk diperiksa sebagai saksi, dalam kasus surat jalan palsu Djoko Tjandra.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman menyebut, tiga saksi berasal dari pihak swasta dan satu merupakan aparat penegak hukum.

“Kita menyampaikan saksi yang terkait dengan tersangka Brigjen Pol Prasetijo Utomo dan Anita Kolopaking yang saat ini tahap penyidikan di Bareskrim Polri terkait sengkarut Djoko Tjandra,” tutur Koordinator MAKI Boyamin Saiman di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin 10 Agustus 2020.

Berdasarkan perinciannya, pertama pihak swasta atas nama Tommy Sumardi.

Untuk diketahui, Tommy memiliki anak perempuan yang bertunangan dengan anak mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak.

Najib Razak diduga berteman dengan Djoko Tjandra sewaktu berada dan berbisnis di Negeri Jiran.

Pria ini diduga meminta Brigjen Pol Prasetijo memperkenalkannya dengan pejabat di Divisi Hubungan Internasional Polri yang membawahi NCB Interpol Indonesia.

 “NCB Interpol Indonesia lalu memberitahu imigrasi yang berisi red notice Djoko Tjandra telah terhapus sejak 2014 karena Kejagung tidak melakukan perpanjangan,” ujarnya menambahkan.

Saksi dari pihak swasta kedua yaitu teman kerja Djoko Tjandra bernama Viady. Berdasarkan informasi media, menurut Boyamin, diketahui bahwa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Hotel Mulia Bali yang saat ini atas nama Viady, sebelumnya atas nama Djoko Tjandra.

Selanjutnya untuk saksi pihak swasta ketiga adalah Rahmat S. Rahmat merupakan Pengawas Koperasi Nusantara, mengajak Anita Kolopaking menjadi kuasa hukum Djoko Tjandra.

Rahmat diduga dua kali terbang ke Kuala Lumpur untuk bertemu dengan Djoko. Pada penerbangan pertama, Rahmat berangkat bersama jaksa Pinangki Sirna Malasari pada 12 November 2019.

Penerbangan kedua, jaksa Pinangki berangkat bersama Anita pada 25 November 2019. Berikutnya, untuk saksi dari aparat penegak hukum yakni jaksa Pinangki Sirna Malasari.

Perannya sama dengan Rahmat yakni mengajak Anita Kolopaking menjadi kuasa hukum Djoko Tjandra. Kemudian pergi ke Malaysia dua kali untuk bertemu Djoko Tjandra.

Tommy Sumardi adalah ayah dari politisi Golkar, Fitri Aprinasari Utami.

Tommy Sumardi adalah seorang pengusaha swasta yang tinggal di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Fitri bertunangan dengan Nazifuddin Najib, di sebuah hotel di Jakarta pada 4 Mei 2019.

Pasangan tersebut kala itu dikabarkan akan menikah pada bulan Desember 2019 seperti dikutip dari Free Malaysia Today, Sabtu (18/5/2019).

Fitri Aprinasari Utami adalah putri dari pengusaha Indonesia Tommy Sumardi.

Sementara Nazifuddin adalah satu dari tiga anak hasil pernikahan Najib Razak sebelumnya dengan Tengku Puteri Zainah Tengku Eskandar.

Nama Tengku Puteri Zainah sendiri disematkan di samping nama Najib Razak di kartu undangan.

Najib Razak dan istrinya, Rosmah Mansor, tidak hadir dalam acara pertunangan tersebut. Karena saat itu keduanya dicekal untuk melakukan perjalanan keluar negeri setelah lengser dari kursi kekuasaan tahun lalu.

Najib Razak terjerat kasus korupsi miliaran dolar dana badan investasi negara, 1MDB. Dalam sidang pengadilan, ia secara total menghadapi 42 dakwaan dan jika terbukti bersalah, dia bisa dihukum lebih dari 100 tahun penjara.

Dikutip dari Real Politik Asia, Tommy Sumardi dikabarkan dekat dengan mantan Ketua DPR RI dan Ketua Umum Golkar Seya Novanto.

Setya Novanto sendiri saat ini menjalani hukuman penjara karena kasus korupsi. [pkry]