-->

Breaking

logo

August 19, 2020

Bocah Berbaju Dayak di Uang Rp 75 Ribu, Ayahnya Pegawai Bank Indonesia

Bocah Berbaju Dayak di Uang Rp 75 Ribu, Ayahnya Pegawai Bank Indonesia

NUSAWARTA - Seorang bocah asal Kalimantan Barat menjadi model pada uang pecahan Rp 75 ribu di antara 9 anak yang memakai masing-masing baju daerah di uang tersebut.

Dia bernama Kalila Aylakiva berusia 10 tahun.

Fitrah Prihartanto, orang tua dari Kalila merasa bangga saat melihat foto anaknya menjadi model dalam pecahan uang rupiah khusus Rp 75 ribu untuk memperingati HUT ke-75 kemerdekaan RI itu.

Dia tak menyangka anaknya masuk dalam proses seleksi dari ribuan anak di Indonesia.

"Bangga pasti karena dari berapa ratus juta masyarakat Indonesia itu terpilih jadi untuk masuk di desain uang itu sangat membanggakan,nggak ada nilainya," katanya, rabu (19/8/2020).

Fitrah bercerita, pada tahun lalu dia diminta untuk mengirimkan beberapa file foto anaknya ke Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri).

"Anak pertama saya, prosesnya tahun lalu kita diminta untuk mengirimkan foto ke Peruri, kebetulan ada 5 orang yang foto. Alhamdulillah ternyata terpilih 3 untuk diambil fotonya," tambahnya lagi.

Proses pemotretan dilakukan pada 19 September 2019. Kalila waktu itu menggunakan pakaian adat dayak dari daerah Kabupaten Putussibau.

Baju adat yang dipilih itu, meruapakan pilihan dan ketentuan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalbar.

"Fotonya udah setahun lalu tanggal 19 September 2019 proses pengambilan fotonya, kita baru pas pengumuman baru tahu juga. Foto dengan pakaian Dayak dari Putussibau," jelasnya.

Fitrah yang juga merupakan pegawai Bank Indonesia kantor perwakilan Kalbar ini mengaku bangga anaknya bisa masuk menjadi bagian dari model desain uang pecahan kemerdekaan Rp 75 ribu itu.

"Bangga si pasti karena dari berapa ratus juta masyarakat Indonesia itu terpilih jadi untuk masuk di desain uang itu sangat membanggakan, nggak ada nilainya," terangnya.

Sebelumnya sempat viral, potret bocah bernama Aditya Perpatih yang diterbitkan oleh bank Indonesia pada pecahan uang rupiah khusus Rp 75 ribu untuk memperingati HUT ke-75 kemerdekaan RI.

Bocah tersebut juga mengenakan pakaian adat yang berasal dari Gorontalo. [sra]