-->

Breaking

logo

August 19, 2020

Fenomena Aneh Banyak Rumah di Jepang Dibiarkan Kosong dan Terbengkalai

 Fenomena Aneh Banyak Rumah di Jepang Dibiarkan Kosong dan Terbengkalai

NUSAWARTA - Selain tradisi engga untuk menikah, masyarakat Jepang juga memiliki kebiasaan yang tak kalah aneh yakni membiarkan rumah kosong terbenkalai.

Kebiasaan aneh ini biasa disebut dengan nama Akiya yang merupakan sebutan sebuah fenomena rumah kosong atau terbengkalai.

Rumah-rumah terbengkalai di Jepang juga biasa disebut sebagai ‘rumah hantu’. Pada tahun 2013, terdapat lebih dari 8 juta dari 60,6 juta rumah di Jepang yang dianggap sebagai akiya.

Dan di tahun 2020 ini rumah tak berpenghuni di Jepang bisa mencapai lebih dari 10 juta rumah.

Hampir seperempatnya telah ditinggalkan tanpa batas waktu, baik untuk dijual maupun disewakan. Di Tokyo, di mana 70 persen penduduknya tinggal di apartemen akan ditemui lebih dari 1 banding 10 rumah kosong di sana.

Setiap tahunnya angka ini diperkirakan akan terus melonjak karenan memang kematian masyarakat Jepang jauh lebih banyak dibandingkan dengan kelahiran warganya.

Pemerintah kota bahkan bersedia memberi subsidi bagi para pemilik yang bersedia membongkar rumah tak berpenghuni mereka.

Sejumlah besar properti yang telah ditinggalkan ini ditemukan di daerah pedesaan dengan beberapa alasan.

Seperti rumah yang tak dihuni, karena orang tua meninggal dan orang muda pindah ke pusat metropolitan yang lebih besar.

Sebagian besar orang Jepang dianggap lebih suka tinggal di apartemen modern dengan layanan dan fasilitas lainnya dari pada tinggal di rumah-rumah mereka di pedesaan atau pinggiran kota.

Bukan hanya itu, faktor pekerjaan juga menjadikan masyarakat Jepang lebih senang tinggal di Kota.