-->

Breaking

logo

August 23, 2020

Gedung Kejagung Terbakar, Rekaman CCTV Kegiatan Jaksa Pinangki Diduga Ikut Ludes

Gedung Kejagung Terbakar, Rekaman CCTV Kegiatan Jaksa Pinangki Diduga Ikut Ludes

NUSAWARTA - Kebakaran yang menghanguskan  gedung utama Kejaksaan Agung (Kejagung) itu disinyalir untuk menghilangkan jejak aktivitas kegiatan jaksa Pinangki Sirna Malasari yang terekam kamera pengawas (CCTV) pada saat melakukan pertemuan dengan Anita Kolopaking. 

"Kalau menyangkut CCTV kegiatan jaksa Pinangki itu bisa memang terbakar. CCTV yang merekam kegiatan Pinangki sehari-hari waktu itu jadi ikut terbakar," kata Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman, Sabtu (22/8/2020) malam. 

Namun, dikatakan dia, untuk berkas kasus dugaan gratifikasi dan dokumen perjalanan jaksa Pinangki ke luar negeri itu sudah dilimpahkan ke Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung. 

"Kalau berkas kasus Pinangki sudah di gedung bundar (pidsus), aman," ujarnya. 

Meskipun demikian, lanjut Boyamin, dengan terbakarnya gedung utama yang ada di lantai 3 sampai 6 itu di bagian bidang pembinaan dan intelijen Kejagung yang pada waktu itu dipimpin Jan S Maringka sebagai Jamintel. 

"Nggak ada pengaruhnya (penanganan perkara jaksa Pinangki). Ini sudah penyidikan dan Pinangki sudah tersangka. Semua berkas perkara sudah ada di gedung bundar," ucap Boyamin. 

Sebelumnya Jaksa Agung ST Burhanuddin membantah kalau ada sejumlah dokumen atau berkas kasus yang terbakar. 

Burhanuddin mengaku alat bukti dan barang bukti terkait perkara yang ditangani tidak disimpan di gedung utama yang hangus dilalap si jago merah. 

"Kita masih selidiki. Tapi yang utamanya, bahwa berkas-berkas perkara tidak ada di sini," ujar Burhanuddin. 

Diketahui, kebakaran menghanguskan gedung utama Kejaksaan Agung yang ditempati pimpinan Jaksa Agung dan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (JAM Intelijen) yang ada di lantai 3,4,5 dan 6. kebakaran terjadi pada pukul 19.10 WIB, pada Sabtu malam. [akrt]