-->

Breaking

logo

August 18, 2020

Habib Rizieq Diserang Hoaks Lagi: Bersanding dengan Christ The Redeemer

Habib Rizieq Diserang Hoaks Lagi: Bersanding dengan Christ The Redeemer

NUSAWARTA - Sebuah akun Facebook bernama Teuku Irwan Irwan menggunggah foto dari tokoh Front Pembela Islam (FPI), yaitu Habib Rizieq Shihab, dan patung Christ The Redeemer di Rio de Janeiro, Brasil pada Rabu, 12 Agustus 2020.

Berikut narasi lengkap dalam akun Facebook milik Teuku Irwan Irwan:

"Selamat PAGI BAGI KAUM MABOK AGAMA!sudahkah ANDA mengKAFIRKAN ORANG yang tidak sejalan Denganmu PAGI INI?."

Setelah ditelusuri melalui mesin pencari, faktanya, unggahan akun Facebook Teuku Irwan Irwan adalah salah atau keliru. 

Dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari Mafindo, diketahui foto Habib Rizieq tersebut merupakan karya dari Jurnalis Tribun News, Gani Kurniawan.

Foto tersebut di antaranya digunakan sebagai sampul pada artikel berjudul "Tersangka Rizieq Shihab Tidak Penuhi Panggilan Polda Jabar untuk Diperiksa, Alasannya..." yang ditayangkan pada Selasa, 7 Februari 2017.

Di bawah foto tersebut terdapat keterangan sebagai berikut, "Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq menyapa ribuan anggota FPI diiringi salawat seusai menjalani pemeriksaan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (12/1/2017)".

Sementara, foto patung Christ the Redeemer di antaranya dapat dilihat pada situs albomadventures.com dengan judul artikel "How to Visit Christ the Redeemer in Rio de Janeiro."

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik simpulan bahwa unggahan akun Facebook Teuku Irwan Irwan yang menyatukan foto Habib Rizieq dan patung Christ the Redeemer adalah hoaks. 

Oleh sebab itu, informasi tersebut masuk ke dalam kategori Misinformasi Konten yang Dimanipulasi atau Manipulated Content, di mana gambar asli dimanipulasi untuk menipu. [wrte]