-->

Breaking

logo

August 23, 2020

Heboh Anjing 'Jelmaan Anak SMP', di Situbondo Ada Kelelawar 'Jadi-jadian'

Heboh Anjing 'Jelmaan Anak SMP', di Situbondo Ada Kelelawar 'Jadi-jadian'

NUSAWARTA - Jagad medsos dihebohkan oleh video viral seekor anjing yang disebut sebagai jelmaan 'anak SMP' di Lombok, NTB. Narasi serupa pernah disematkan untuk seekor kelelawar di Situbondo pada 2010.

Sepuluh tahun silam, warga Dusun Mangaran Karang, Desa/Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, dihebohkan oleh tertangkapnya seekor kelelawar berukuran besar di rumah salah satu warga.

Masyarakat meyakini kelelawar yang tertangkap itu adalah hewan jelmaan manusia. Berbeda dengan anjing 'jelmaan anak SMP', kelelawar ini nasibnya lebih mujur. Hewan tersebut disimpan oleh Sanusi, orang yang menangkapnya.

Sanusi mulanya bercerita, rumahnya tiba-tiba didatangi kelelawar raksasa. Hewan tersebut terbang ke sejumlah ruangan di rumah tersebut. Dengan dibantu keluarganya, Sanusi akhirnya berhasil menangkap kelelawar itu.

"Hewan ini saya tangkap di kamar belakang," ujarnya, Minggu (19/12/2010).

Penangkapan hewan tersebut akhirnya mengundang perhatian warga. Mereka berbondong-bondong mendatangi rumah Sanusi hanya ingin melihat hewan yang diyakini makhluk pesugihan tersebut.

Tidak diketahui siapa pertama kali yang menyatakan jika hewan tersebut adalah jelmaan manusia. Yang jelas, Sanusi sendiri juga ragu jika hewan tersebut dikatakan mahkluk jelmaan.

"Saya juga bingung masyarakat menyebut itu hewan jelmaan manusia, yang jelas hewan ini akan saya musnahkan supaya tidak menimbulkan fitnah," ujar Sanusi lagi.

Bagi orang Madura, kelelawar raksasa itu biasa disebut pok-kopok. Hewan itu konon, merupakan hewan jelmaan manusia yang memiliki ilmu pesugihan. Anggapan ini mirip dengan narasi anjing jelmaan 'anak SMP' yang disebut mempelajari ilmu hitam.

Sebelumnya diberitakan, video itu beredar di YouYube, yang salah satunya diunggah oleh akun Ricky Satria pada 11 Agustus. Video memperlihatkan seekor anjing warna krem sedang terbaring di tanah dengan kondisi terengah-engah.

Anjing malang itu dikaitkan dengan ilmu hitam bernama selaq. Disebutkan oleh akun Ricky Satria dalam judul videonya, anjing itu adalah jelmaan anak SMP. Tentu saja ini tidak masuk akal.

"Viral anak SMP dirubah menjadi seekor anjing karena menjelma menjadi hantu/selaq di Lombok tengah," demikian bunyi judul video di YouTube itu, yang sudah mendapat 76.022 view, disukai 224 akun, dan tidak disukai 32 akun.

Kejadian ini juga dikecam netizen, salah satunya pemilik akun Facebook Desy Marlina. Kondisi anjing yang sungguh menyedihkan itu memang menarik simpati siapa saja yang sayang terhadap binatang. Muncul isu, anjing ini dikubur hidup-hidup.

Anjing malang itu diduga diracun oleh seseorang. "Hasil penyelidikan polisi sementara ini, anjing tersebut diduga makan makanan yang mengandung racun, dan saat ini anjing tersebut sudah mati dan telah dikubur," kata Kepala Bidang Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto. [dtk]