-->

Breaking

logo

August 20, 2020

Ini Alasan Tak Boleh Berpakaian Hijau di Pantai Selatan, Bukan Mistis!

Ini Alasan Tak Boleh Berpakaian Hijau di Pantai Selatan, Bukan Mistis!

NUSAWARTA - Banyak kalangan pasti sudah mengetahui soal legenda mengenai keberadaan Ratu Pantai Selatan atau Nyi Roro Kidul.

Bahkan masyarakat Yogyakarta dan Jawa pada umumnya sangat memercayai mengenai keberadaan Ratu di Pantai Selatan itu.

Selain itu, salah satu mitos yang banyak dipercaya orang terkait Nyi Roro Kidul dan Pantai Selatan ialah larangan memakai baju serba hijau ketika mengunjungi pantai tersebut.

Menurut kepercayaan, jika dilanggar, pengunjung akan mendapat musibah, hilang terseret ombak, hingga meninggal, yang terjadi atas kehendak Nyi Roro Kidul.

Reporter Historia.id, Aryono mengungkapkan setidaknya ada dua sudut pandang berbeda mengenai mitos tersebut.

Kata dia, larangan memakai pakaian serba hijau di Pantai Selatan, bukan terkait hal mistis.

"Kalau menurut yang saya baca dari analisa Pramoedya Ananta Toer, beliau mengkritisi tentang orang Jawa dan kisah-kisah Roro Kidul. Menurut dia, warna hijau itu identik dengan seragam Kompeni," ujarnya saat ‘Jelajah Destinasi Virtual Ratu Pantai Selatan Mitos atau Fakta’, yang diselenggarakan baru-baru ini seperti melansir viva.co.id, Kamis 20 Agustus 2020.

Dia menjelaskan, kisah Nyi Roro Kidul dibuat atau diciptakan untuk menutupi kekalahan Sultan Agung pada saat itu.

Terlebih pada waktu itu kata dia, Batavia sedang dikuasai oleh Kompeni atau VOC.

"Jadi untuk melupakan, maka baju hijau itu dilarang, maka diciptakan kisah itu. Jadi, itu sebenarnya kalau menurut pandangan Pram itu untuk melupakan baju hijau yang dulu lekat dengan seragam VOC. Itu menurut sastrawan Pramoedya Ananta Toer begitu," lanjutnya.

Sedangkan, Pemandu Wisata dan Abdi Dalem Keraton Yogyakarta Hadiningrat, Siti Jumanah memiliki pandangan yang berbeda.

Menurut dia, berdasarkan kepercayaan masyarakat Jawa dalam mitos Laut Pantai Selatan, Kanjeng Ratu Kidul memang pakaiannya serba hijau.

"Dan kita tidak boleh pakai pakaian serba hijau waktu ke Laut Pantai Selatan, itu ya mungkin supaya tidak menyamai atau menyaingi KRK (Kanjeng Ratu Kidul) itu sebagai seorang Ratu," jelasnya. [lwjstc]