-->

Breaking

logo

August 11, 2020

Motif Politik Jokowi Beri Bintang Jasa Fadli Zon dan Fahri Hamzah Diungkap, Akibat Kritik Sudah Melempem?

Motif Politik Jokowi Beri Bintang Jasa Fadli Zon dan Fahri Hamzah Diungkap, Akibat Kritik Sudah Melempem?

NUSAWARTA - Rencana Presiden Joko Widodo akan memberikan bintang jasa mahaputra kepada dua kritukus Fadli Zon dan Fahri Hamzah menuai beragam persepsi.

Pasalnya, kedua aktor politik itu diketahui yang sering melontarkan kritikan tajamnya kepada Jokowi selama ini.

Namun, Jokowi malah akan memberikan penghargaan. Belum jelas diketahui apa motif dari pemberian bintang jasa mahaputra itu.

Ada yang menilai bahwa penghargaan ini merupakan salah satu strategi mantan Gubernur DKI Jakarta itu untuk menjinakkan kritikan tajam Fadlizon dan Fahri Hamzah.

“Bisa saja itu motif untuk menjinakan para pengkritik dengan cara halus,” kata Pengamat Politik Ujang Komarudin saat dihubungi Pojoksatu, Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Belakangan ini, Kata Direktur Ekskutif Indonesia Political Review (IPR) ini Fahri Hamzah dan Fadlizon suara lantangnya mengkritik pemerintah tak lagi terdengar seperti waktu itu.

“Karena FZ ada di Gerindra yang saat ini sudah jadi partai pemerintah. Dan FH ada di Partai Gelora yang kemarin juga baru ketemu Jokowi,” ujarnya

Ujang mengatakan kalau Presiden memberikan penghargaan, harus adil, beri juga tokoh dan kelompok lainnya, seperti tokoh Muhammadiyah, NU, Akademisi Pengamat, PA 212.

Karena menurut Dosen tetap Universitas Al Azhar itu mereka juga banyak mengkritik kebijakan pemerintah yang tak pro rakyat.

“Berbuat adil saja. Jika personal atau sekolompok orang diberi penghargaan. Maka personal atau kelompok lain juga harus diberi,” tandasnya.

Namun, tambahnya, bisa juga motif pemberian pemerintah itu ingin mendapat point positif di mata rakyat lantaran para pengkritik pun diberi hadiah atau penghargaan. [pjst]