-->

Breaking

logo

August 11, 2020

Pakai Sistem Lelang Jabatan, Semua Pekerja Pertamina Bisa Jadi Direksi

Pakai Sistem Lelang Jabatan, Semua Pekerja Pertamina Bisa Jadi Direksi

NUSAWARTA - Dalam rangka mengisi berbagai posisi strategis, PT Pertamina (Persero) menerapkan sistem lelang jabatan.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, langkah tersebut dilakukan guna merealisasikan budaya baru sistem penjenjangan karier karyawan Pertamina.

Saat ini kata dia, posisi strategis seperti vice president (VP) hingga direksi anak usaha sudah bisa ditempati oleh seluruh karyawan, tanpa perlu menggunakan jenjang karier.

Bahkan menurut dia, berbagai posisi strategis yang kosong nantinya akan dilelang dalam aplikasi milik perusahaan pelat merah tersebut.

Dengan demikian lanjut dia, seluruh karyawan Pertamina dapat mendaftar posisi lowong tersebut.

"Sekarang kami ada digital apps untuk karier ini kita bidding ini ada posisi VP, posisi manajer, SVP, ada direksi anak usaha," ujar Nicke seperti melansir kompas.com, Selasa 11 Agustus 2020.

Dia memastikan, seluruh karyawan Pertamina yang memenuhi kriteria posisi dilelang dapat berpartisipasi untuk bersaing dengan karyawan lainnya.

"Kami kasih kesempatan," katanya.

Dia berharap karyawan-karyawan dengan potensi mumpuni dapat memiliki kesempatan untuk menempati posisi strategis perseroan dengan langkah tersebut.

"Memilih milenial dan orang yang kompeten dan punya leadership dan teknikal bagus. Semua online juga di aplikasi," ujarnya.

Sebelumnya, Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok juga menyebutkan, saat ini perseroan sedang memasuki budaya baru.

Budaya baru yang dimaksud ialah memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh jajaran karyawan Pertamina agar dapat menduduki posisi strategis di perseroan.

Dengan adanya budaya baru tersebut, seluruh karyawan Pertamina tanpa terkecuali dapat menempati berbagai posisi strategis, seperti senior vice president (SVP) hingga jajaran direksi.

Sehingga, harapannya nanti Pertamina bisa dipimpin oleh orang yang berasal dari dalam perseroan.

"Golongan yang PRL-nya di bawah 15 pun Anda berhak untuk ikut tes menduduki posisi sampai SVP. Harapan kita ke depan, Dirut (direktur utama) Pertamina pun tidak perlu lagi dari BUMN lain, tapi bisa dari insan Pertamina yang mendudukinya," kata Ahok, Rabu (16/7/2020) lalu. [lwjstc]