-->

Breaking

logo

August 21, 2020

Pesawat N250 Karya Habibie Tiba di DIY, Diistirahatkan di Museum TNI AU

Pesawat N250 Karya Habibie Tiba di DIY, Diistirahatkan di Museum TNI AU

NUSAWARTA -  Pesawat N250 Gatotkaca yang sempat nyaris tersangkut di Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, akhirnya tiba juga di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pesawat karya BJ Habibie itu masuk ke museum.

"Melalui perjalanan yang sangat panjang serta melelahkan, akhirnya N250 Gatotkaca tiba ditempat peristirahatannya di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta," demikian keterangan pers dari Dinas Penerangan TNI AU, Jumat (21/8/2020).

Badan pesawat (fuselage) N250 Gatotkaca ini dibawa dari PT Dirgantara Indonesia menuju Yogyakarta dengan truk trailer. 

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Fajar Adriyanto menyatakan pesawat itu telah menempuh perjalanan darat 567 kilometer.

Pesawat ini akan menjadi monumen, pertanda bahwa Indonesia mampu membuat pesawat terbang dengan teknologi canggih, yakni fly by wire.

Pesawat N250 merupakan masterpiece Presiden ke-3 Republik Indonesia Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng, yang berhasil membuktikan bahwa anak bangsa mampu memproduksi pesawat terbang.

Adapun Gatotkaca pertama kali mengudara pada HUT Republik Indonesia yang ke-50 pada 1995. Sayangnya, akibat krisis moneter 1998, pesawat tersebut disetop pengerjaannya.

"Selamat beristirahat, N250 Gatotkaca," kata Dispen TNI AU.

Sebelumnya diberitakan, pesawat ini sempat mandek di Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, saat diangkut menggunakan truk. 

Manajer Operasi PT Trans Marga Jawa Tengah Fauzi Abdurrahman mengatakan peristiwa terjadi pada Kamis (20/8) pukul 19.30 WIB.

Pesawat itu nyaris tersangkut di Gerbang Tol karena tinggi muatan tidak cukup untuk melintas di gardu. 

Maka truk yang membawa N250 Gatotkaca harus mundur dulu dan pindah gardu paling kanan yang lebih tinggi. Pukul 22.00 WIB, pesawat yang dibawa truk itu akhirnya bisa melintas dan melanjutkan perjalanan, hingga akhirnya sampai di Yogyakarta. [dtk]