-->

Breaking

logo

August 17, 2020

Pidato di HUT Ke-75 Republik Indonesia, Anies Fokus Cermati Persoalan Ini

Pidato di HUT Ke-75 Republik Indonesia, Anies Fokus Cermati Persoalan Ini
NUSAWARTA - Pada pidato sambutannya di momen ulang tahun ke-75 Republik Indonesia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyoroti masih adanya warga yang pesimis terhadap Indonesia.

"Selama 75 tahun, atas izin Allah SWT, kita terus menerus mengecewakan, yaitu mengecewakan mereka yang pesimis pada Indonesia," kata Anies.

Perjalanan Indonesia untuk merdeka dikatakan Anies tidaklah mudah. Perjalanan yang dilalui panjang dan penuh liku.

Untuk itu dalam memenuhi janji-jani kemerdekaan dikatakan Anies bukan hal yang gampang. Ada tantangan dan rintangan yang harus dilalui.

"Bahkan setelah memegang penuh kemerdekaannya berkali-kali, ujian terus datang ke bangsa kita, namun setiap kali itu juga Allah SWT memberi kekuatan pada kita untuk kuat menghadapinya," ucap Anies.

Di usia 75 tahun ini, Anies mengatakan Indonesia terus membuktikan bukan sebagai bangsa yang tidak percaya pada kekuatan dirinya dan bukan bangsa yang tidak mampu berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.

Lebih lanjut, Anies menuturkan saat ini di usia 75 tahun, Indonesia menghadapi tantangan yang besar.

Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak beberapa bulan lalu hingga saat ini akan menjadi cobaan sekaligus bisa mencatatkan sejarah perjuangan lain bagi Indonesia.

"Yakni saat di mana kita menghadapi musuh tak terlihat, tak membedakan siapa yang diserangnya, mampu berlipat ganda dan menyebar ke seluruh nusantara, saat setelah 100 tahun lamanya pandemi, wabah, pagebluk kembali jadi ujian bangsa kita," ucap Anies.

Diketahui, upacara Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2020 di Balai Kota Jakarta di tengah masih merebaknya pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), dibatasi hanya untuk 100 peserta.

100 orang itu akan terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan eselon 2 ke atas dan perwakilan dari dinas-dinas di lingkungan DKI Jakarta. [pkry]