-->

Breaking

logo

August 12, 2020

Profil Habib Rizieq, Ada Peran Seorang Wanita yang Tak Terlupakan

Profil Habib Rizieq, Ada Peran Seorang Wanita yang Tak Terlupakan

NUSAWARTA - Profil lengkap Habib Rizieq, dari pendidikan sampai karir.

Meski tidak berada di Tanah Air, pemberitaan seputar Habib Rizieq Shihab masih ramai. Pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu kini masih berada di Arab Saudi.

Nama Habib Rizieq Shihab mulai sering diperbincangkan sekitar tahun 2017 lalu. Ketika itu, dia dijerat kasus ‘balada cinta Rizieq’ yang bersinggungan dengan percakapan online berkonten pornografi.

Penasaran dengan latar belakang tokoh yang dikagumi oleh Ahmad Dhani ini? Berikut profil Habib Rizieq.

Tinggalkan Indonesia

Bernama lengkap Dr. Muhammad Rizieq Husein Shihab, Lc., M.A., DPMSS. Biasa disapa dengan Rizieq Shihab atau Habib Rizieq. Agamawan yang juga pemimpin FPI ini lahir di Jakarta 24 Agustus 1965.

Dia pernah terjerat kasus hukum yang membuatnya mendekam di penjara, dikutip dari Suara.com. Habib Rizieq sempat terseret kasus lain sebelum akhirnya Ia meninggalkan Indonesia pada tahun 2017.

Pendidikan Agama Sejak Kecil

Rizieq kecil sudah belajar mengaji di masjid atas dorongan ibunya. Ia juga mendapat bimbingan ustaz sehingga pemahamannya tentang agama sudah tertanam sejak dini.

Dia merupakan alumni SMP Bethel Petamburan Jakarta dan SMA Islamic Village Tangerang. Pendidikan tinggi Habib Rizieq dilanjutkan di luar negeri. Studi diploma Bahasa Arab di Arab Saudi serta pendidikan sarjana di jurusan Studi Agama Islam (Fikh dan Ushul Fikh), King Saud University. Ia juga sempat melanjutkan pendidikannya ke Universitas Islam Internasional Antar Bangsa di Malaysia.

Sosok di Balik FPI

Karir Rizieq Shihab yang paling banyak menuai pro dan kontra ialah statusnya sebagai pendiri dan imam besar organisasi FPI.

Dia mendirikan organisasi ini di kediamannya di Petamburan, Jakarta dan dideklarasikan di Pondok Pesantren Al-Umm pada 17 Agustus 1998.

Pada November 2002 lalu, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) FPI membekukan aktivitas kelaskaran FPI di seluruh Indonesia untuk waktu yang tidak ditentukan.

Sebelum mendirikan FPI, pengalaman organisasi Habib Rizieq cukup banyak. Dia sempat menjabat di beberapa institusi dan organisasi lainnya, antara lain:

Madrasah Aliyah Jamiat Kheir Jakarta – Kepala Sekolah
BPRS At-Taqwa Tangerang – Dewan Syariat
Majelis Talim Jabotabek – Pembina
Markaz Syariah – Presiden Direktur

Yatim Sejak Bayi

Rizieq Shihab merupakan anak kelima dari pasangan Hussein Shihab dan Sidah Alatas. Ayahnya meninggal saat dia baru menginjak usia 11 bulan.Ia pun diasuh oleh ibunya yang orang tua tunggal. Peran ibu sangat luar biasa dan tak terlupakan hingga mengantarkan Habib Rizieq sukses.  

Rizieq Shihab memiliki seorang istri bernama Syafirah Fadhlun Yahya yang merupakan keluarga Sayyid dari klan Aal bin Yahya. Pasangan ini dikaruniai tujuh orang anak, yakni seorang putra dan enam putri.

Wali Allah di Mata Habib Lainnya

Sosok Habib Rizieq dikagumi oleh Habib Novel Alaydrus. Lewat sebuah video, Ia menyebut bahwa Habib Rizieq merupakan wali Allah dan yang dapat kita jumpai sampai hari ini.

“Tapi kalau saya ditanya, kan ada nih ya yang ciri kedua, yang kalau kita lihat langsung mengingatkan sama Allah Ta’ala. Ya wali yang masih hidup kelihatan nyata, ya Habib Rizieq,” tuturnya.

Menurut Habib Novel Alaydrus, Habib Rizieq hanya takut kepada Allah SWT dan tidak takut kepada celaan ataupun hinaan dari orang lain. Hal ini mencerminkan sifat wali Allah yang sesungguhnya.

Selain itu, Habib Rizieq juga selalu melakukan salat subuh keliling. Rutinitas ini telah dilakukannya selama berpuluh-puluh tahun. Padahal, menurut Habib Novel Alaydrus, ibadah subuh merupakan salah satu ibadah yang paling sulit untuk dilaksanakan.

Habib Rizieq juga disebut kerap mengantarkan Aulia (pendukung, sahabat, wali). Hal ini persis seperti yang dilakukan oleh Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf. [hps]