-->

Breaking

logo

August 18, 2020

Sebagai Salah Satu Tokoh Dibalik Pendirian KAMI, Rachmawati Soekarnoputri Tidak Ikut dalam Barisan Deklarasi

Sebagai Salah Satu Tokoh Dibalik Pendirian KAMI, Rachmawati Soekarnoputri Tidak Ikut dalam Barisan Deklarasi

NUSAWARTA - Putri Proklamator Rachmawati Soekarnoputri kerap disebut sebagai salah seorang tokoh di balik pendirian Koalisi Aksi Masyarakat Indonesia (KAMI) bersama sejumlah tokoh lain.

Beliau merupakan salah satu tokoh inisiasi berdirinya KAMI.

Tetapi, saat deklarasi dibacakan di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, pendiri Universitas Bung Karno (UBK) itu tidak tampak hadir. 

Dari keluarga proklamator hanya tampak anak Bung Hatta, Meutia Hatta, yang didaulat untuk membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepada Redaksi Kantor Berita Politik RMOL, orang dekat Rachma, Eko Surjosantjojo, mengatakan, Rachma memang tidak ikut dalam barisan deklarator KAMI.

“RSP (Rachmawati Soekarnoputri) tidak hadir di Tugu Proklamasi karena tidak ikut menyusun dan menandatangani naskah deklarasi,” ujarnya sesaat lalu (Selasa, 18/8).

Menurut Eko, Rachma memang sempat diajak untuk ikut bergabung.

Namun karena kesibukan lain hari ini, ia tidak bisa hadir memenuhi undangan.

“Adapun poster-poster atau meme KAMI yang beredar di media sosial yang mencantumkan foto RSP, tidak sepengetahuan RSP,” ujar Eko lagi.

Eko berharap, setelah penjelasan ini nama Rachmawati Soekarnoputri tidak dibawa-bawa dalam pembicaraan dan pemberitaan mengenai KAMI. [rmol]