-->

Breaking

logo

August 20, 2020

Surabaya Zona Merah Lagi, Pernyataan Risma Auto Mental

Surabaya Zona Merah Lagi, Pernyataan Risma Auto Mental

NUSAWARTA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Timur menyampaikan Kota Surabaya kembali berstatus zona merah atau berisiko tinggi penularannya setelah sempat zona jingga atau berisiko sedang selama sembilan hari.

Anggota Gugus Kuratif Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril, Rabu membenarkan hal tersebut dan telah ditampilkan pada laman Satgas COVID-19 Pusat di https://covid19.go.id/peta-risiko.

"Surabaya dari sebelumnya sempat zona oranye (jingga), sekarang kembali menjadi merah, maka otomatis Satgas COVID-19 Jatim juga mengikuti. Karena zona itu kewenangan pusat," ujarnya ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya.

Selain Kota Surabaya, daerah yang berstatus zona merah lainnya adalah Kabupaten Sidoarjo. 

Berdasarkan data, hari Rabu ini Surabaya jumlah kasus baru mencapai 120 orang, sembuh 195 orang dan meninggal dunia enam orang.

Sedangkan, di Sidoarjo jumlah kasus baru mencapai 63 orang, sembuh 50 orang dan meninggal dunia enam orang.

Padahal sebelumnya beberapa pekan lalu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengklaim wilayahnya telah masuk zona hijau karena penanganannya sudah benar.

“Di mana kondisi Surabaya sudah hijau yang artinya penularannya kita sudah rendah. Lalu yang sembuh sudah banyak,” kata Risma. [wrte]