-->

Breaking

logo

August 16, 2020

Tepat 17 Agustus 2020, Bank Indonesia Bakal Rilis Uang Baru, Seperti Apa?

Tepat 17 Agustus 2020, Bank Indonesia Bakal Rilis Uang Baru, Seperti Apa?

NUSAWARTA - Bank Indonesia bersiap merilis uang baru edisi khusus. Uang baru ini sedianya bakal dirilis pada 17 Agustus 2020.

Menurut keterangan Bank Indonesia, uang baru edisi khusus 17 Agustus ini merupakan uang yang cocok buat dikoleksi. Lantas, uang baru apa gerangan?

Menurut Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko, uang baru yang bakal dirilis Senin, 17 Agustus 2020 bukan untuk keperluan transaksi. Sebab uang ini adalah khusus koleksi.

Hal serupa seperti yang pernah dilakukan BI pada penerbitan uang edisi koleksi lainnya.


Disitat Liputan6, sebut saja uang edisi khusus Seri 25 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Seri perjuangan Angkatan 45, Seri Save The Children, Seri Cagar Alam, dan beberapa seri lainnya.

Sayang, BI belum merinci uang baru apa gerangan yang siap tayang besok di Hari Kemerdekaan? ” Tunggu besok ya,” kata Onny Widjanarko.

Dalam undangan yang disampaikan ke media, peluncuran uang baru ini akan dilakukan secara live streaming pada pukul 11.50 WIB.

Sedianya, peresmian uang baru itu turut akan dihadiri Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Dalam agenda, ada pula penyerahan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI secara simbolis kepada keluarga Proklamator.

Sementara itu, seperti dikutip dari dokumen BI, uang rupiah khusus sendiri merupakan uang yang secara khusus dikeluarkan BI dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan tertentu. Uang tersebut memiliki nominal yang berbeda dari nilai jualnya.

Uang khusus itu juga merupakan alat pembayaran yang sah, namun biasanya tidak digunakan sebagai alat tukar. Uang ini merupakan sarana perkembangan numismatika atau koleksi uang di Indonesia.

“Setiap edisi dikeluarkan dengan kemasan yang menarik dan unik sehingga sering dijadikan sebagai cinderamata,” tulis BI.


Saat merayakan 25 tahun Kemerdekaan Indonesia, BI juga pernah meluncurkan uang rupiah khusus berbentuk logam perak kadar 1000/1000. Diameternya 26 mm dengan berat 8 gram.

Gambar muka uang dihiasi Lambang Negara Burung Garuda dengan teks melingkar bertuliskan 1945-1970 di bagian atas, logo BI dan tahun penerbitan 1970 serta teks nominal 200 rupiah di bagian bawah.

Adapun bagian belakang berhiasakan gambar burung cendrawasih dengan teks melingkar 25 Tahun Kemerdekaan, dua bintang di kiri dan kanan serta tulisan Republik Indonesia di bagian bawah.

Bersamaan dengan itu juga diterbitkan uang logam perak Rp250, Rp500, Rp750, Rp1.000, logam emas Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000 dan Rp25.000. [hps]