-->

Breaking

logo

August 11, 2020

Uji Vaksin Covid-19 di Bandung, Segini Total Relawan yang Ikut

Uji Vaksin Covid-19 di Bandung, Segini Total Relawan yang Ikut

NUSAWARTA - Masyarakat yang menjadi relawan dalam uji vaksin Covid-19 terus bertambah.

Para pendaftar yang sebagian besar masyarakat dari berbagai kalangan ini, mendaftar di enam puskesmas yang disiapkan Pemkot Bandung.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menyebut, saat ini vaksin sinovac virus corona (COVID-19) belum tersedia di puskesmas Kota Bandung. Adapun total relawan yang mendaftarkan diri pada Jumat (7/8/2020) sudah ada 1.020 orang.

Kadinkes Kota Bandung, Rita mengatakan bahwa jumlah tersebut, dipastikan akan terus bertambah.

“Untuk persiapan vaksin sendiri belum di drop ke puskesmas, saat ini relawan masih diizinkan mendaftarkan diri hingga 30 Agustus 2020,” ujar Rita di Bandung, Selasa (11/8/2020).

Sebelumnya, Rita juga mengatakan, saat ini sudah ada ribuan pendaftar relawan vaksin di beberapanya puskesmas Kota Bandung. Jumlah total pendaftar di beberapa puskesmas yang dijadikan tempat uji klinis berbeda-beda.

“Sekarang kita masih rekrutmen. Kemarin itu ada 1.020 pendaftar ke enam puskesmas di Kota Bandung dan itu terus bertambah,” ujar Kadinkes Kota Bandung.

Adapun rinciannya, Puskesmas Garuda 245 orang, Puskesmas Dago 24 orang, kemudian Puskesmas Ciumbuleuit 41, Puskesmas Sukapakir 84 orang.

Rita menambahkan, seluruh relawan akan diperiksa terlebih dahulu kesehatannya di setiap puskesmas. Ia juga menyebut, penyuntikan sebagian sudah dilakukan di RSUP Unpad.

“Swab test dan rapid test langsung sama tim peneliti. Sebagian sudah ada disuntikkan,” katanya.

Relawan yang daftar di puskesmas Kota Bandung akan dibatasi.

“Nantinya, setiap puskesmas diminta menerima relawan sejumlah ratusan. Hal tersebut juga sudah berdasarkan usulan tim peneliti uji klinis vaksin,” pungkasnya. [pjst]