-->

Breaking

logo

September 1, 2020

Pakai Modus Pengiriman Cargo, Polisi Gagalkan Penyelundupan Ganja 200 Kilogram di Aceh

Pakai Modus Pengiriman Cargo, Polisi Gagalkan Penyelundupan Ganja 200 Kilogram di Aceh

NUSAWARTA - Satnarkoba Polres Metro Tangerang menggagalkan penyelundupan 200 kg ganja dari Aceh. Dua pelaku berinisial DP dan NB berhasil diringkus.

Pengungkapan tersebut yang merupakan pengembangan dari penangkapan satu pelaku yang membawa 14,5 kg ganja di Rest Area Karang Tengah, Tangerang pada bulan Juli 2020 lalu.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan, barang haram tersebut dikirim pelaku tanggal 14 Agustus 2020 dari Aceh ke Jakarta dengan modus pengiriman melalui jasa cargo di daerah Tanah Abang Jakarta Pusat.

Selanjutnya narkoba jenis ganja tersebut tiba di Jakarta pada Minggu (30/8/2020). Rencananya akan diambil oleh pemilik hari Senin tanggal 31 Agustus 2020.

“Petugas melakukan pembuntutan di SPBU Cideng Kecamatan Gambir Jakarta Pusat, dilakukan penggeledahan terhadap mobil Gobox tersebut dan di temukan barang bukti berupa 6 karung yang berisikan narkotika jenis Ganja sebanyak 200 kilogram,” kata Irjen Nana Sudjana di Polsek Pakuhaji, Kota Tangerang, Selasa (1/9/2020).

Dari hasil pendalaman, kata Nana, tersangka mengakui bahwa barang bukti tersebut benar milik para pelaku yang dikirim dari daerah Aceh. Rencananya barang haram itu akan diedarkan di wilayah Jabodetabek.

“Dari hasil pemeriksaan bahwa barang tersebut dikendalikan oleh CK yang masuk daftar pencarian orang yang sampai saat ini, masih dalam pengejaran petugas,” ungkap Nana.

Dari jumlah total barang bukti ganja yang diamankan 1 juta jiwa anak bangsa bisa terselamatkan.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dikenakan Pasal 114 Ayat (2) Sub Pasal 111 ayat (2) Junto Pasal 132 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009, tentang narkotika dengan ancaman kurungan maksimal 20 tahun dan denda Rp10 Miliar. [pjst]