-->

Breaking

logo

September 12, 2020

Sering Terjadi Banjir, Kota-kota Besar Ini Diprediksi Bakal Tenggelam dan Hilang

Sering Terjadi Banjir, Kota-kota Besar Ini Diprediksi Bakal Tenggelam dan Hilang

NUSAWARTA - Kalian semua tahu dong semakin hari memang bumi semakin tua, bukan hanya faktor alam saja, faktor yang bersumber dari manusia juga bisa menimbulkan bencana.

Perilaku manusia yang kurang menjaga lingkungan bahkan menyebabkan beberapa kota besar di dunia ini mengalami banjir yang luar biasa.

Bahkan menurut prediksi, 5 kota ini akan menghilang dan tenggelam karena banjir.

1. Beijing

Menurut studi tahun 2016, tanah di Beijing turun sampai 10 cm per tahun. Penyababnya karena menipisnya air tanah yang disebabkan oleh banyaknya pembangunan gedung-gedung pencakar langit.

Dengan jumlah penduduk yang sangat banyak, otomatis kebutuhan air tanah pun semakin meningkat.

Sementara keadaan air di dalam tanah tidak bisa memenuhi semua kebutuhan penduduk Ibu Kota negara China tersebut. Akibatnya air dalam tanah semakin berkurang dan menjadi kurang stabil yang menyebabkan penurunan.

2. Venesia

Kota di Italia yang terkenal dengan romansanya ini memang sudah lama digenang air. Buktinya saja kendaraan yang digunakan di sana kebanyakan perahu.

Venesia mengalami penurunan tanah 0,2 cm per tahun dan selalu terancam banjir. Dalam beberapa dekade ke depan, kota Venesia diprediksi akan tenggelam sepenuhnya ke bawah permukaan laut.

3. Lagos

Ibu kota Nigeria ini juga terancam tenggelam dikarenakan level air laut terus naik setiap tahunnya. Belum lagi fakta bahwa Lagos adalah kota terpadat di Afrika yang secara langsung mempengaruhi kondisi air dalam tanah.

Kondisi geografisnya menyebabkan Lagos sering terkena banjir dan erosi pantai.

4. Houston

Sama seperti Beijing, Houston di Amerika Serikat juga mengalami penurnan tanah setiap tahunnya. Hal itu dikarenakan pengambilan air tanah yang berlebihan.

Menurut sebah studi, kota ini sudah turun sampai 3 meter sejak tahun 1920. Dalam kata lain, per tahunnya tanah di Houston mengalami penurunan sampai 0,5 cm.

5. Jakarta

Jakarta punya letak geografis yang cukup rumit.

Level air laut yang terus meningkat dan tanah di Jakarta yang terus menurun setiap tahunnya menyebabkan Ibu Kota Indonesia ini terancam tenggelam dalam puluhan dekade ke depan.

Maka tidak heran jika terjadi banjir yang selalu terjadi di 5 kota besar dunia ini. [tpst]